Kamis, 08 September 2011

Hati-Hati Minum Jus Buah Mengkudu di Pasaran

Buah Mengkudu yang kaya akan khasiat ternyata membuat produsen berlomba-lomba membuat produk berbahan dasar mengkudu ini. Mulai dari kapsul, tablet, enzim, hingga jus marak beredar di pasaran. Sayangnya ternyata beberapa produsen tidak mengetahui dengan betul cara pengolahan jus buah mengkudu dengan teknik fermentasi. Sehingga beberapa produk hasil olahan jus mengkudu yang ada di pasaran ternyata mengandung alkohol melebihi kadar normal hasil olahan fermentasi pada umumnya.

Kadar alkohol di dalam Jus buah mengkudu kemasan ini tentunya meresahkan konsumen karena selain bisa membahayakan kesehatan, tentunya bagi muslim mengkonsumsi alkohol adalah haram hukumnya. 

Beberapa sumber menyebutkan ternyata beberapa produk Jus Buah Mengkudu yang beredar di pasaran di olah dengan cara fermentasi yang kurang benar sehingga memungkinkan terjadinya hasil akhir yang tidak sesuai standar salah satunya adalah kandungan alkohol yang terlalu tinggi. Bahkan menurut beberapa artikel yang pernah dibaca ternyata kandungan alkohol pada jus buah mengkudu yang tidak diolah dengan benar dapat mencapai 20 persen, sebuah angka yang fantastis dan tentunya sangat berbahaya bila di konsumsi.

Meskipun Tarwadadi (kepala Bidang Teknologi Produksi Sediaan Farmasi BPPT) menegaskan bahwa normalnya kandungan etanol (alkohol) dalam hasil olahan fermentasi tidak kurang dari 1 persen atau hanya berkisar 0,23 persen namun kemungkinan kandungan alkohol dalam jus buah mengkudu melebihi normal bisa saja terjadi jika proses pengolahannya menambahkan bahan aditif lain yang bisa menjadi bahan substrat dalam proses fermentasi tersebut.

Oleh karenanya jika anda ingin mengambil manfaat dari jus mengkudu mungkin lebih baik memetik langsung dari pohonnya, dengan tambahan sedikit air, daging buah mengkudu bisa di blender kemudian di saring atau di  konsumsi langsung.

Buat yang punya masalah dengan rambut, sekarang sudah ada sampo herbal mengkudu, sampo alami dari ekstrak mengkudu. Menghitamkan rambut hanya perlu 10 menit, menghilangkan ketombe, mengatasi kerontokan serta mengatasi berbagai masalah rambut rusak lainnya.Belinya disini.

3 komentar:

ardy mengatakan...

Jus fermentasi mengkudu terbaik tanpa alkohol pernah saya dapatkan di Alam Sada Herbal. Bisa diliat di webnya yaitu www.sada.co.id

Obat Pembesar Payudara Herbal mengatakan...

blog yang sangat menarik dan sangat khas dalam menentukan desainnya.

Cara Mengobati Hepatitis B mengatakan...

terimakasih atas infonya semoga bermanfaat

Posting Komentar

Cara Memberi Komentar :
1. Pilih identitas (Select Profile)
2. Gunakan Saja Name/URL bila ingin simpel
3. Ketik Isi Pesan (Gunakan Bahasa yang baik dan sopan)
4. Klik Poskan Komentar

 
Copyright 2010 Agen Sampo Noni Kalsel. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin Blogger Templates - PlayStation Vita - Rumah Amal Kita - Materi Biologi