Sabtu, 27 Agustus 2011

Percepat Kesembuhan Luka dengan Daun Mengkudu

Mengkudu secara fenomenal telah dikenal luas sebagai buah ajaib yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Banyak penelitian telah dilakukan terhadap buah ini  untuk menguji dan membuktikan khasiatnya sebagai penyembuh berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan dan tidak berbahaya hingga penyakit sekelas tumor dan kanker.

Daun Mengkudu (Morinda citrifolia Linn)
Ke"ajaiban" mengkudu ternyata tidak hanya terletak pada buahnya yang memiliki sejuta manfaat, berdasarkan penelitian ternyata daun mengkudu juga menyimpan potensi manfaat sebagai obat. Salah satu manfaat itu adalah untuk mempercepat kesembuhan luka, khususnya luka bakar.
Luka adalah kerusakan anatomi, keadaan pemisahan jaringan karena kekerasan atau trauma (Marzoeki, 1993). Keparahan luka tergantung dari besarnya trauma yang diterima oleh jaringan (Pavletic, 1992). Ditinjau dari penyebabnya dibedakan atas dua yaitu luka iris dan luka bakar. Luka iris merupakan luka yang disebabkan oleh benda tajam. Luka ini memiliki sifat : tepi-tepi luka licin, tidak terdapat hubungan antara jaringan dan tidak ada jaringan nekrosa (Marzoeki, 1993). Luka bakar pada dasarnya merupakan fenomena pemindahan panas, meskipun sumber panasnya dapat bervariasi. Akibat akhir yang ditimbulkan berupa kerusakan jaringan kulit, bahkan pada keadaan cedera multisistemik dapat menyebabkan gangguan yang serius pada paru-paru, ginjal dan hati. Efek sistemik dan mortalitas yang disebabkan karena luka bakar sangat ditentukan oleh luas dan dalamnya kulit yang terkena luka (Ollstein, 1996).
Seperti yang telah diketahui, Mengkudu (Morinda citrifolia Linn.) banyak dimanfaatkan untuk pengobatan karena diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, antikanker, antitumor, analgesik, antiradang, antibakteri, dan mengatur siklus energi tubuh (Tadjudin dan Iswanto, 2002). Oleh karena itu mengkudu sering digunakan sebagai obat batuk, asma, tuberculosis, gangguan pernapasan, radang tenggorokan, sakit gigi, sariawan, cacingan, diare, radang usus, radang sendi, keram saat menstruasi, datang bulan tidak lancar, membantu kesehatan saat hamil dan persalinan, penghilang rasa sakit kepala, kencing manis, maupun sebagai campuran makanan (Bangun dan Sarwono, 2002).
 
Meski tidak sebanyak khasiat buahnya, daun mengkudu juga memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi penyembuhan antara lain mempercepat kesembuhan luka. Kemampuan daun mengkudu untuk menyembuhkan luka disebabkan adanya zat anthrakinon, dimana zat tersebut berperan sebagai anti mikroba dan anti jamur. Dengan adanya zat tersebut sebagai antibakteri dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka sehingga kesembuhan luka dapat dipercepat (Waha, 2002). Selain kandungan zat tersebut mengkudu juga mengandung proxeronin, sebagaimana yang dilaporkan oleh Heinicke (2000) zat itu berperan dalam peremajaan sel, meregenerasi sel yang rusak serta meningkatkan kerja sel. Dengan adanya proxeronin dalam daun mengkudu dapat meregenerasi sel yang rusak akibat terbakar sehingga luka dapat sembuh.

Buat yang punya masalah dengan rambut, sekarang sudah ada sampo herbal mengkudu, sampo alami dari ekstrak mengkudu. Menghitamkan rambut hanya perlu 10 menit, menghilangkan ketombe, mengatasi kerontokan serta mengatasi berbagai masalah rambut rusak lainnya.Belinya disini.

4 komentar:

mjumani mengatakan...

ternyata di balik aromanya yang tidak mengenakan terkandung khasiat yang luar biasa yah...

isma mengatakan...

good bgt sy mo coba belajar menyukai ah dr sekarang

Cara Mengobati Hepatitis B mengatakan...

terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

Botol Tinta kerucut mengatakan...

wah ternyata mengkudu anyak manfaatnya

Posting Komentar

Cara Memberi Komentar :
1. Pilih identitas (Select Profile)
2. Gunakan Saja Name/URL bila ingin simpel
3. Ketik Isi Pesan (Gunakan Bahasa yang baik dan sopan)
4. Klik Poskan Komentar

 
Copyright 2010 Agen Sampo Noni Kalsel. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin Blogger Templates - PlayStation Vita - Rumah Amal Kita - Materi Biologi